Studi Banding, Panja UU KPK Serap Cara Berantas Korupsi Terbaik

Studi Banding, Panja UU KPK Serap Cara Berantas Korupsi Terbaik

Elvan Dany Sutrisno – detikNews

Rabu, 07/03/2012 11:03 WIB

Browser anda tidak mendukung iFrame
Jakarta Panja revisi UU KPK Komisi III DPR tengah studi banding ke Prancis. Setelah ke Prancis, Panja direncanakan akan ke Hongkong dan Korea Selatan. Panja revisi UU KPK hanya menyerap cara pemberantasan korupsi terbaik dari negara-negara tersebut. Tak akan melemahkan KPK.

“Dalam kerangka menyempurnakan sistem yang akan kita bangun dan dipastikan tidak ada yang dikatakan memangkas, menghapus, dan sebagainya. Nggak ada pihak manapun yang berencana memangkas untuk itu, tidak ada juga yang ingin menghapus KPK,” kata Wakil Ketua DPR, Priyo Budi Santoso, kepada wartawan di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (7/3/2012).

Menurut Priyo kunjungan kerja ke Prancis dalam rangka melihat kewenangan berbagai lembaga antikorupsi di Prancis. Bulan depan, Panja juga akan melihat kewenangan lembaga pemberantasan korupsi di Hongkong dan Korea Selatan.

“Temuan ini belum final. Mereka akan kaji, belum tentu diikuti. Ini dalam rangka penyempurnaan UU KPK ke depan. Setelah Prancis, kita bandingkan dengan Hongkong dan lainnya,” kata Priyo.

Kunjungan ke Prancis misalnya, Priyo sudah mendapat laporan mengenai KPK yang tak punya kewenangan menindak korupsi. KPK di sana hanya berwenang untuk mencegah korupsi.

“Prancis termasuk salah satu model. Belum tentu kita adopsi tapi kita memerlukan pandangan mengenai kewenangan KPK di sana. Belum tentu semua diadopsi. Tapi namanya kita menyedot yang terbaik ya kita lihat saja nanti,”jelasnya.

Panja RUU KPK Komisi III DPR melawat ke Prancis. Mereka mencoba meniru pemberantasan korupsi di Prancis, dimana lembaga seperti KPK hanya bisa melakukan pencegahan korupsi tanpa menindaknya.

Rupanya Komisi III sedang memantau upaya pemberantasan korupsi yang dipandang lebih baik di Indonesia. Menurut anggota Pansus RUU Tipikor DPR dari PDIP Eva Kusuma Sundari yang ikut rombongan ke Prancis secara diam-diam ini, pemberantasan korupsi di Prancis terpisah dari represi (penindakan).

Pemisahan mutlak adalah strategi Prancis, yakni antara prevention (hanya oleh KPK Prancis) dan represi (oleh jaksa dan kepolisian) menjadi bahan pertimbangan soal efektifitas pemberantasan tipikor di Indonesia.

“Walau strategi pemberantasan tipikor di suatu negara berbasis pengalaman dan kesejarahan, tapi strategi pemisahan itu efektif,” kata Eva, sebelumnya.

(van/nwk)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s