Aturan Absensi Longgar Penyebab Anggota DPR Sering Bolos

 

Elvan Dany Sutrisno – detikNews

Selasa, 06/03/2012 14:54 WIB

Browser anda tidak mendukung iFrame
Jakarta Longgarnya aturan absensi mendorong masih banyaknya anggota dewan yang leluasa membolos. Hal itu bisa dilihat contohnya pada setiap pelaksanaan rapat paripurna banyak kursi anggota dewan yang kosong.

“Untuk saat ini aturannya masih terlalu longgar. Badan Kehormatan (BK) cuma bisa merekomendasikan pemecatan setelah enam kali berturut-turut tanpa keterangan. Tapi kalau diputus sehari saja ada keterangan dari fraksi ya tidak ada masalah. Enam hari tak hadir berturut-turut juga tidak ada masalah kalau ada keterangan,” kata Ketua Badan Kehormatan DPR, M Prakosa, di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (6/3/2012).

BK DPR pun kesulitan memantau absensi anggota DPR. Kunci perbaikan tingkat kehadiran anggota DPR sebenarnya ada di fraksi masing-masing.

“Masalah absensi itu kucinya di fraksi. Kalau fraksi mengatakan bagian dari kinerja, itu kan pasti mereka menurut. Kami hanya bisa memberi sanksi kalau enam kali tidak masuk berturut-turut, tapi yang punya komando itu panglimanya adalah fraksi. Apalagi kalau diancam tidak disiplin tidak dicalonkan lagi kan pasti semua rajin,” kata Prakosa.

BK pun akan mencari solusi untuk menertibkan absensi anggota DPR. Termasuk kemungkinan mengumumkan anggota DPR pembolos.

“Nanti akan ada evaluasi, kita akan bicarakan bagaimana membuat aturan baru. Nanti kalau anggota DPR tidak tertib kita akan beri peringatan,”tandas Prakosa.

(rmd/nrl)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s