43 Nyawa Melayang Akibat Akibat Gempa 6,8 SR di Filipina

 

43 Nyawa Melayang Akibat Akibat Gempa 6,8 SR di Filipina

Novi Christiastuti Adiputri – detikNews

Selasa, 07/02/2012 09:27 WIB

Browser anda tidak mendukung iFrame
 
Reuters

Manila – Korban tewas akibat gempa bumi berkekuatan 6,8 Skala Richter di Filipina semakin bertambah. Hingga kini, dilaporkan korban tewas telah mencapai 43 orang.

Dilaporkan sekitar 29 orang tewas akibat tertimpa tanah longsor. Sedangkan sekitar 10 orang lainnya tewas akibat kejatuhan reruntuhan bangunan di wilayah pegunungan Guhulngan di Pulau Negros.

Kemudian sekitar 4 korban tewas lainnya dilaporkan berasal dari wilayah lain di Pulau Negros. Dimana akses listrik maupun jalan dan jembatan yang terputus menghalangi upaya petugas untuk melakukan evakuasi.

“Penjarahan saat ini merajalela di Guhulngan sehingga memaksa kami untuk menerjunkan lebih banyak personel Kepolisian Nasional Filipina,” ujar pejabat militer setempat, Kolonel Fransisco Patrimonio seperti dilansir oleh ABC News, Selasa (7/2/2012).

Gempa bumi berkekuatan 6,8 SR menghantam wilayah pusat Filipina, sekitar 50 km dari kota Cebu yang merupakan wilayah padat penduduk. Setelah gempa pertama, terjadi gempa susulan dengan kekuatan 6,2 SR sekita lebih dari 40 kali dan membuat panik warga. US Geological Survey mencatat pusat gempa ini berada pada kedalaman 46 km dari permukaan laut.

Saksi mata menuturkan, guncangan gempa sangat terasa dan membuat warga berhamburan ke jalan. Gempa ini membuat kaca jendela pecah dan sejumlah bangunan retak-retak.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s